Perjalanan panjang perjuangan aceh merdeka

perjalanan-panjang-perjuangan-aceh.

21 Desember 1976. sedangkan tentang kepemimpinan NLF, saya ingin menyampaikan sesuatu tentang deputi pertama saya, Dr.Muchtar hasbi. Ia adalah seorang spesialis penyakit tropis yang baru saja menerima ijazah barunya dari tangan Raja Bumiphol Adulyadej thailand di bangkok, 

Raja menjadi rektor universitas yang menyandang namanya. Dr. Muchtar akan tinggal di wilayahnya sendiri, Provinsi pase di aceh Sumatra. Muchtar hasbi memiliki kepribadian yang sangat dinamis, ditakdirkan untuk menjadi pemimpin laki-laki, dimanapun dia berada.

$ads={1}Saya tidak memiliki hubungan pribadi yang intim dengan Muchtar, dia di medan, sumatra, dan saya di new york selama ini. Tapi saya tahu ayahnya, Tengku Hasbi, seorang tokoh politik aceh yang sangat energi yang sudah lama mendesak saya pulang untuk memimpin orang-orang saya.

Muchtar dibesarkan dilingkungan politik yang sama saat saya dibesarkan. Kami berbagi aspirasi yang sama dan sama kesadaran. Aceh adalah kami. kami sama-sama merendahkan orang jawa atau siapa pun orang lain yang berani mengklaim untuk memerintah kita, menjadi pemerintah atas kita.

Begitu juga untuk Muchtar dan saya tidak perlu berbicara terlalu banyak, dan tidak perlu bersama. sepanjang hidup, kita belum bersama lebih dari beberapa hari, tetapi dia adalah saudara rohani saya dan di sana ada jutaan orang aceh yang merasa seperti ini. kami tahu siapa di antara kami yang seharusnya perintah, dan siapa yang harus patuh. 

Loyalitas diberikan dan diterima begitu saja. Panjang kami sejarah telah membuat kita seperti ini. Inilah jaminan kebebasan aceh di masa itu datang. Inilah sebabnya mengapa Javanese atau siapa pun tidak dapat menjajah kita. 22 Desember 1976 penambahan lain dalam kepemimpinan NLF adalah sepupu saya sendiri, Dr. Zaini abdullah.

Ia pernah menjadi kepala rumah sakit besar di kota kuala simpang, kota ukuran menengah menurut standar kami. Dia meninggalkan medan ke pegunungan pada hari yang sama dengan Dr. Husaini. Ketika saya meninggalkan aceh untuk pergi ke AS pada tahun 1950 untuk melanjutkan studi saya, Zaini masih kecil.

Jadi dia telah tumbuh tanpa saya mengenalnya secara dekat. Tapi, seperti semua anggota keluarga saya, kesetiaan keluarga adalah sesuatu yang diambil dan diberikan diberikan, tidak peduli apa yang terjadi. Di lambang keluarga saya, lambang itu dipahat  Bersama dalam hidup dan mati. Dan begitulah selama ratusan tahun, dari generasi ke generasi untuk generasi.

Menjadi sepupu saya, adat istiadat dan etiket orang aceh menuntut hal yang ekstrim anak dari sisinya terhadap saya sehingga saya tidak bisa bertukar pandangan dengan dia sebagai bebas seperti dengan bukan anggota keluarga, seperti Husaini, anggota keluarga terikat untuk melakukan dan mati dan tidak mempertanyakan mengapa jadi berbicara.

Tapi aku tahu sepupuku Zaini memiliki sifat yang sangat solid berkembang biak seperti semua anggota keluarga saya. Dia adalah menara kekuatan bagi saya pribadi dan untuk NLF. Perannya yang paling efektif adalah menjadi wakil saya untuk pergi ke berbagai tempat untuk mempengaruhi kehadiran.

Saat perjuangan berlangsung dan krisis berlipat ganda, saya seimbang terkejut saat mengetahui bahwa Zaini jauh lebih kuat dari yang saya kira. Dia akan membuktikan bahwa dia adalah pemimpin manusia dengan haknya sendiri.

23 Desember 1976 Orang lain yang sangat diperlukan adalah Komandan angkatan darat NLF, Muhammad daud husin lebih dikenal sebagai Daud Paneuk karena perawakannya yang pendek. Tapi seperti yang kita ketahui kebesaran pria tidak ditentukan oleh perawakannya tetapi oleh kepalanya dan jantung. 

Semua pemimpin militer besar dalam sejarah, dari Alexander agung hingga Caesar dan Napoleon adalah laki-laki bertubuh pendek dan kecil yang telah mengilhami pepatah tersebut semua hal baik datang dalam paket kecil. M. Daud husin, seseorang menjulukinya Mr. David Short adalah seorang jenius militer dan politik.

Sebelum awal kami revolusi kemerdekaan Aceh sumatera, M. Daud husin adalah seorang pedagang udang dari desa nelayan Pasi lhok di provinsi pidie aceh. Tapi bahkan kemudian dia telah menunjukkan kualitas kepemimpinan yang berbeda.

Dia adalah pemimpinnya masyarakat desa sekitar 5000 jiwa dan di bawah kepemimpinannya mereka berhasil menggelar unjuk rasa memprotes pemerintah daerah jawa pejabat korup yang mengakibatkan pemecatan laki-laki dan pemulihan jutaan rupiah-mata uang jawa dirusak oleh orang-orang ini.

Seorang pria dengan kekuatan kemauan dan saraf yang luar biasa, dan kemampuan untuk memahami kompleks Dalilnya, M.Daud husin telah menjadikan dirinya dalam waktu tiga bulan menjadi ahli di dalamnya teori politik pembebasan nasional, Hukum Internasional, sejarah aceh. 

Dari strategi militer, dan atas dasar pengalamannya sebagai komandan gerilya selama 1950an memberontak melawan jawa indonesia, dia telah menyempurnakan gerilya sendiri taktik yang cocok untuk medan aceh. Beberapa bulan terakhir perjuangan revolusioner telah mengubah kepribadian dan sikapnya menjadi komandan militer baru, 

Di hormati, di taati dan di cintai oleh semua anak buahnya. Karena dia berasal dari kalangan pangkat dan file orang-orang, dia sangat akrab dengan proses khusus mereka berpikir. Karena pengetahuan ini, ia mampu menjelaskan kompleksitas kepada mereka. Teori perjuangan pembebasan dalam bahasa paling sederhana yang dapat dipahami oleh orang-orang yang menjatuhkan rumah kartu kolonialis jawa runtuh. 

$ads={1}Dia adalah sekarang dianggap oleh orang-orang aceh dengan hormat dan berhutang bahwa dia sudah legenda di masanya sendiri. Memang revolusi melahirkan orang-orang seperti itu. Suatu kali saya menerima laporan tentang kinerja brilian Panglima angkatan darat saya sebagai seorang pembicara politik, 

Saya berusaha untuk dapat mendengarkannya sendiri. Karena itu sulit untuk membuatnya berbicara dengan bebas jika dia tahu kehadiranku, aku sengaja datang tanpa diduga di salah satu reli. Saya selalu berpikir bahwa saya adalah pembicara terbaik tentang topik tersebut. 

Bagaimanapun, itu adalah misi saya untuk kembali ke Aceh dan membangkitkan seluruh negara. Tetapi setelah saya mendengar dia berbicara tentang hal itu, harus mengakui bahwa dia bisa menjelaskan lebih baik kepada orang-orang apa yang ingin diketahui orang. 

Dan dia tahu langsung cara untuk meredakan ketakutan dan keraguan mereka karena dia tahu pikiran mereka sebagai miliknya dulu. Dengan itu saya juga mengetahui bahwa ide kemerdekaan Aceh itu saya miliki dibawa kembali ke negara saya telah ditanam kembali dengan aman di tanah adat yang bisa tidak lagi dicabut oleh gerombolan pembunuh Jawa.

Post a Comment

Previous Post Next Post